Selamat datang di klinikherbaonline. Situs yang menyajikan informasi seputar herbal,konsultasi kesehatan dan dunia kesehatan secara lengkap dan berimbang

Herba Untuk Imunitas

Berikut akan kami sarikan rubrik konsultasi dengan mitra kami secara ringkas

Bapak Ajib yang kami hormati,
Saya ibu dengan anak umur 15 tahun. Anak saya sering sakit - sakitan dan sepertinya daya tahan tubuhnya lemah. Kira - kira herba apa yang cocok untuk anak saya agar daya tahan tubuhnya meningkat ? Mohon saran - sarannya juga. Terima kasih ( Ibu Tri di Purwokerto)

Jawaban :
Terima kasih atas pertanyaanya Ibu Tri.

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai cacing parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa. Deteksi sistem ini sulit karena adaptasi patogen dan memiliki cara baru agar dapat menginfeksi organisme.

Ada beberapa bahan herba yang dapat dipakai untuk penguat imun tubuh antara lain:
1. Habatussuada
Penelitian terhadap Habbatussauda menunjukkan herbal ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh. Kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan utama bagi tubuh kita untuk melawan penyakit yang hendak menyerang. Bila sistem imun ini mengalami penurunan fungsi atau tidak berkembang sebagaimana mestinya, maka tubuh pun akan rentan terhadap serangan penyakit.
2. Green palapa
Green Palapa merupakan produk sinergi (gabungan) dari beberapa daun yang memiliki kualitas klorofil yang sangat baik, antara lain Daun Katuk (sauropus androgynus), Daun Cincau (cyclea barbata), dan Daun Mint. Daun Katuk memiliki kemampuan anti-oksidan dan nilai nutrisi yang baik. Klorofilnya mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menetralisir radikal bebas sehingga sistem imunitas tubuh tetap bertahan dan kuat.
3. Madu sunnah
Madu sunnah dengan kadar air dibawah 20 % memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin , mineral, enzim, antiokasidan dan anti bakteri. Madu sunnah ini sangat baik untuk daya tahan tubuh anak - anak. Apalagi anak yang mulai tumbuh menjadi remaja seperti anak ibu.
 Anjuran saya untuk konsumsi herbanya adalah :
1. Campur 1 sendok madu sunnah dan  2 kapsul habatusauda dengan setengah gelas air hangat, aduk hingga larut dan minum rutin 2 x sehari setengah jam sebelum makan
2. Minum 2 kapsul green palapa 2 x sehari setelah minum madu dan habatusauda.
Adapun saran saya agar anak ibu tidak mudah menurun imuitasnya adalah :
1. Kurangi stress dalam belajar di sekolah
2. Seringlah bergaul dengan  teman - teman yang baik
3. Rajin makan buah dan sayuran terutama yang berwarna hijau
4.  Rajin bergerak / olah raga
5. Tanamkan sikap positif dalam meghadapi segala hal

Demikian jawaban kami, mudah - mudahan bermanfaat.
(Moh. Ajib Tamami)